Ulos Gobar - Silalahi Projects

 Info Detail Ulos Gobar

Dari seorang sumber di Silalahi Nabolak, Penjelasan dari R Pintubatu (43) Gobar berarti Gok Barita (Bahasa batak toba) yang berarti banyaknya berita atau kabar. Ulos  ini  dikenal sebagai ulos yang paling dihormati atau ditempatkan sebagai ulos yang sangat tinggi kedudukannya. Ulos ini merupakan lambang kebesaran dari Ompung Raja Silahisabungan dalam setiap pesta adat. Zaman dahulu Gobar hanya dipakai oleh orang yang sudah tua dan memiliki anak dan cucu. Sekarang Ulos Gobar dipakai oleh semua keturunan laki-laki/putra dari Marga Silalahi karena seiring berjalannya waktu.

Ulos Gobar ini ditenun tanpa ikat atau gatip namun dengan tenunan sebanyak dua kali. Pertama bagian sisi dan topi kiri dan kanan. Tenunan kedua bagain tengah ulos beserta Gading-gading. Khusus bagian gading-gading ada dua pola yang ditenun biasanya, berpola rungkung-rungkung ni anduhur (berbentuk leher burung) dan ada yang ditenun dengan diangkat-angkat. Dengan ditenun dua kali Gobar menjadi ulos yang sangat lebar sesuai dengan kegunaannya sebagai Ulos ni Raja Silahisabungan.

Ulos Gobar - Silalahi Projects

Keterangan bagian-bagian Ulos Gobar :

1. Bagian Sisi Ulos

Bagian Sisi Ulos Gobar ini didominasi dengan berwarna merah maroon. Sebelum menjadi ulos yang utuh, bagain ulos inilah yang pertama kali ditenun oleh para penenun.

Ulos Gobar Bagian Yang Akan Digunting


Bagian ‘A’ merupakan bagian sisi kiri dari Ulos Gobar, bagian ‘B’ merupakan bagian sisi kanan Ulos Gobar. Bagian ‘C’ merupakan dungkit yang menjadi pembelah bagian sisi dengan bagian tengah ulos. Bagian inilah nantinya yang akan digunting (dibelah dua) lalu disambungkan dengan bagian tengah ulos.

Baca Juga :

  • 3 Tips Mudah Belajar Bhs Inggris - Miss Asnija
  • 4 Manfaat Internet Dalam Kehudupan

  • Bagian sisi ulos berkarateristik :

    Lebar   : 60 cm

    Panjang           : 228 cm

    2. Bagian Tengah Ulos

    Bagian tengah ulos gobar ini kombinasi dari warna hitam dengan dominasi warna putih. Ini menjadi bagian kedua yang ditenun untuk menjadikannya lembar kain ulos siap pakai.

    Ulos Gobar Bagian Tengah - Silalahi Projects

    Bagian ‘D’ merupakan keseluruhan bagian tengah dari Ulos Gobar. Ulos inilah yang nantinya akan di sambungkan di sebelah kanan dan kiri dari bagian sisi tenunan pertama.

    Bagian tengah ulos berkarateristik :
    Lebar   : 56 cm
    Panjang           :228 cm

    Setelah bagian dari sisi ulos dan bagian tengah ulos selesai di tenun oleh penenun, mereka akan membawanya ke tukang jahit guna menyatukan kedua lembar kain (Gambar 3.2 Disatukan dengan Gambar 3. 3) para penenun tidak mengerjakan sendiri proses penjahitan kedua lembar kain ini sebab mereka tidak memiliki alat jahit. Hal ini juga memerlukan biaya tambahan sebesar Rp. 20.000.

    Untuk gabungan dari kedua bagian sisi dan bagian tengah ulos menghasilkan lebar keseluruhan Ulos Gobar 116 cm dan Panjang keselurun Ulos Gobar 228 cm.

    3. Bagian Rumbai Ulos

    Bagian Rumbai Ulos adalah bagian paling ujung dari sebuah lembar kain ulos. Rumbai ini adalah kumpulan benang-benang yang dipilin bersamaan dengan proses manirat. Panjang rumbai Ulos Gobar 15 cm.

    Baca Juga :

    4. Bagian Sirat Ulos

    Bagian Sirat Ulos dikerjakan secara khusus oleh mereka para *panirat. Setelah para penenun selesai menenun, lembar kain yang sudah sudah dijadi lantas tak langsung dapat digunakan. Penenun pun masih harus memberikan lembar kain tenunannya untuk dikerjakan oleh *panirat sendiri. Biaya jasa dari manirat adalah Rp. 100.000,-.

    (*Panirat = Sebutan untuk yang mengerjakan pembuatan sirat (rumbai ulos agar lebih indah)

    5. Bagian Topi (Tandak Songkar) Ulos

    Bagian Topi Ulos merupakan bagian terpinggir dari keseluruhan badan ulos. Bagian Topi berwarna merah maroon dicampur dengan warna putih. Bagian Topi Ulos di tenun pada tenunan pertama yang berarti pada bagian sisi ulos.

    Bagian topi ulos berkarateristik :
    Lebar : 1 cm
    Panjang : 228 cm

    6. Bagian Gading-Gading Ulos

    Bagian Gading-Gading Ulos juga berada pada tenunan pertama yang merupapakn tenunan sisi ulos. Gading-Gading Ulos ini berwarna hitam dan putih.

    Bagian gading-gading ulos berkarateristik :
    Lebar : 3 cm
    Panjang : 228 cm

    7. Bagian Dungkit Ulos

    Bagian Dungkit Ulos berada pada tenunan kedua yang berarti di bagian tengah ulos. Dungkit dari Ulos Gobar termasuk dungkit yang mudah untuk dikerjakan oleh para penenun sebab hanya garis selurus tidak memerlukan banyak warna benang.


    Sumber : Tim Silalahi Projects & Kerjasama dengan Mahasiswa USU N. Simbolon

    Bagikan ke:

    0 Komentar