Ulos Polang - Polang

 Ulos Polang - Polang - Silalahi Projects

Ulos Polang-polang adalah ulos yang dikenal dengan sebutan Ulos Hela (menantu laki-laki). Sama seperti Ulos Gobar, Ulos Ulos Polang-Polang dikenal dengan pola garis-garis memanjnag dari ujung rambu ke ujung rambu lainnya. Ulos ini tidak memiliki gatip dan juga ditenun sebanyak dua kali. Ulos ini digunakan pada saat acar adat suka dan duka seperti acara perkawinan dan kematian.

Ulos Polang-polang - Silalahi Projects

Ulos Polang-Polang memiliki bagian yang sama dengan Ulos Gobar, memiliki bagian sisi ulos, bagian tengah ulos, bagian topi ulos, bagian gading- gading ulos, bagian dungkit ulos, bagian sirat ulos dan juga bagian rumbai ulos.

 1. Bagian Sisi Ulos

Bagian sisi       ulos      berwarna         merah  maroon.

Bagian sisi       ulos      ini berkarateristik:

Lebar   : 50 cm

Panjang          : 200 cm

2. Bagian Tengah Ulos

Bagian tengah ulos adalah bagian yang ke dua ditenun oleh penenun. Bagian tengah ulos berwarna kombinasi putih- merah maroon dan dominan warna hitam.

Bagian tengah ulos berkarateristik :

Lebar : 57 cm 

Panjang      :200 cm

Setelah bagian dari sisi ulos dan bagian tengah ulos selesai di tenun oleh penenun, mereka akan membawanya ke tukang jahit guna menyatukan kedua lembar kain.

Untuk gabungan dari kedua bagian sisi dan bagian tengah ulos menghasilkan lebar keseluruhan Ulos Polang-Polang 107 cm dan Panjang keselurun Ulos Polang-Polang 200 cm.

3. Bagian Topi (Tandak Songkar) Ulos

Bagian Topi Ulos merupakan bagian terpinggir dari keseluruhan badan ulos. Bagian Topi berwarna merah maroon dicampur dengan warna putih. Bagian Topi Ulos di tenun pada tenunan pertama yang berarti pada bagian sisi ulos.

Bagian topi ulos berkarateristik :

Lebar : 1 cm Panjang : 200 cm

Baca Juga :

  • Ulos Sigara Topi
  • Ulos Gobar
  • Ulos Pangiring


4. Bagian Gading-Gading Ulos

Bagian Gading-Gading Ulos juga berada pada tenunan pertama yang merupakan tenunan sisi ulos. Gading-Gading Ulos ini berwarna hitam dan putih.

Bagian gading-gading ulos berkarateristik :

Lebar :3 cm

Panjang :200 cm

5. Bagian Dungkit Ulos

Bagian Dungkit Ulos berada pada tenunan kedua yang berarti di bagian tengah ulos. Dungkit dari Ulos Gobar termasuk dungkit yang mudah untuk dikerjakan oleh para penenun sebab hanya garis selurus tidak memerlukan banyak warna benang.

6. Bagian Sirat Ulos

Bagian Sirat Ulos dikerjakan secara khusus oleh mereka para panirat . Setelah para penenun selesai menenun, lembar kain yang sudah sudah jadi lantas tak langsung dapat digunakan. Penenun pun masih harus memberikan lembar kain tenunannya untuk dikerjakan oleh panirat sendiri. Biaya jasa dari manirat adalah Rp. 100.000,-.

7. Bagian Rumbai Ulos

Bagian Rumbai Ulos adalah bagian paling ujung dari sebuah lembar kain ulos. Rumbai ini adalah kumpulan benang-benang yang dipilin bersamaan dengan proses manirat.


Sumber : Tim Silalahi Projects & Kerjasama dengan Mahasiswa USU N. Simbolon

Bagikan ke:

0 Komentar